Apa Itu Outing Puncak Dan Manfaatnya Untuk Perusahaan?

Outing Puncak

Masih bingung memilih antara outbound, gathering, atau outing Puncak? Meski sering kali disamakan, rupanya ketiga hal tersebut merupakan jenis aktivitas yang berbeda, lho!

Kalau begitu, apa perbedaan di antara ketiganya, ya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa simak dulu rangkuman penjelasannya berikut ini. Selamat membaca!

Definisi Outing Puncak

Pertama, mari kita bahas dulu apa yang dimaksud dengan outing. Secara garis besar, outing merupakan kegiatan yang umumnya diselenggarakan oleh perusahaan dan punya karakteristik rekreatif serta menghibur.

Biasanya, outing diselenggarakan di tempat terbuka atau outdoor. Maka dari itu, lokasi yang terkenal akan keindahan alamnya sering jadi pilihan lokasi favorit untuk outing, seperti Puncak.

Bicara soal Puncak, tak heran kalau outing Puncak sendiri sering disamakan dengan outbound Puncak karena keduanya memang sama-sama dilakukan di tempat terbuka.

Hanya saja, sekali lagi kegiatan outing lebih fokus pada aktivitas yang menghibur dan rekreasi. Kalaupun diisi dengan aktivitas atau permainan fisik pun sifatnya ringan dan benar-benar hanya bertujuan sebagai hiburan belaka.

Akan tetapi, lain halnya dengan outbound. Karena dalam outbound, aktivitas dan permainan yang ditentukan biasanya dipilih dengan tujuan pengembangan skill karyawan, terutama soft skill. Misal kemampuan untuk menyelesaikan masalah (problem solving), bekerja sama, berkomunikasi, dan sebagainya.

Sementara itu, gathering secara garis besar hanya merupakan kegiatan kumpul-kumpul. Pelaksanaannya bisa jadi di dalam maupun luar ruangan dan memiliki tujuan utama untuk mempererat silaturahmi, baik itu dalam ranah gathering kantor maupun gathering keluarga.

Terkait dengan gathering kantor di Puncak, terkadang istilah ini juga disamakan dengan outing Puncak. Terutama karena sama-sama bersifat rekreasi.

Meski demikian, sekali lagi tujuan kedua aktivitas tersebut berbeda. Outing biasa kantor ditujukan hanya bagi karyawan, sehingga pesertanya hanya karyawan kantor.

Sedangkan untuk gathering perusahaan, keluarga karyawan bahkan bisa ikut dan menghadiri acara tersebut. Pasalnya, tujuan gathering memang sekali lagi untuk mempererat tali silaturahmi dan menjadi wadah bagi para karyawan untuk mengenal satu sama lain. Bahkan saat ini sudah jadi hal wajar bagi para eksekutif hingga manajemen top level ikut menghadiri gathering perusahaan.

Manfaat Outing Kantor

Pada akhirnya, baik outing, outbound, maupun gathering sama-sama bisa membantu meningkatkan loyalitas dan produktivitas karyawan di perusahaan. Terlebih lagi jika pelaksanaannya dilakukan dengan benar dan profesional.

Dalam penyelenggaraan outing sendiri, beberapa manfaat utama yang bisa dirasakan perusahaan meliputi:

  • Mempererat tali silaturahmi dan kedekatan karyawan.
  • Memotivasi karyawan dalam mencapai tujuan.
  • Relaksasi dan menyegarkan kembali tubuh serta pikiran.

Dengan mempertimbangkan pentingnya manfaat dari outing Puncak bagi perusahaan Anda, tentu Anda perlu percayakan pelaksanaannya kepada perusahaan manajemen event dan outing profesional. Contohnya Trip Adventure Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat via Whatsapp