Mau Rafting Saat Ikut Outbound Di Bogor? Pertimbangkan 3 Sungai Ini!

Outbound Di Bogor

Tak hanya di kawasan Puncak atau resor-resor kenamaan, pelaksanaan outbound di Bogor bisa dilakukan di area sungai. Terutama kalau salah satu aktivitas yang dipilih adalah rafting Bogor atau arung jeram. Kawula Muda yang belum pernah mampir ke Kota Hujan akan diajak menjelajahi arus menantang.

Sungai-sungai inilah yang menjadi daya tarik Bogor sebagai destinasi wisata turis lokal maupun mancanegara. Kawula Muda pun tak perlu cemas, sebab di sana terdapat perlengkapan dan pemandu yang siap mengarahkan peserta. Lalu apa saja sungai di Bogor yang bagus dipilih sebagai lokasi outing?

1. Sungai Cisadane

Kawula Muda yang menetap di kawasan Tangerang barangkali familier dengan Sungai Cisadane. Rupanya sungai ini berhulu di lereng Gunung Pangrango serta beberapa anak sungainya bermula di Gunung Salak. Dengan panjang total 126 kilometer, bukan hal mengherankan bila Sungai Cisadane menjadi lokasi favorit rafting masyarakat, tak terkecuali untuk outbound Bogor.

Arus deras dan berbatu menjadi tantangan tersendiri yang memicu adrenalin wisatawan selama menelusuri sungai ini. Hal menarik lainnya yang ditawarkan adalah keberadaan bendungan sungai (dam) dengan sudut curam berketinggian 3 meter, adapun jalur khusus arung jeram dimulai dari Caringin dengan panjang rute 7 sampai 13 kilometer.

2. Sungai Cianten

Dengan titik awal di Kampung Muara Jaya, Ciampea, Sungai Cianten menjadi lokasi rafting berikutnya yang kerap dipilih untuk outbound di Bogor. Sungai yang punya hulu di Taman Nasional Halimun tersebut tercatat memiliki sekitar lima anak sungai. Kondisi ini pula yang membuat debit airnya cenderung stabil, sehingga aman diarungi kapan saja, baik musim hujan maupun kemarau.

Sungai Cianten pun merupakan tempat Prasasti Ciaruteun, sebuah peninggalan bersejarah yang juga bukti asli Kerajaan Tarumanegara. Hewan-hewan unik seperti burung dudut, biawak air, sampai kera surili kerap dijumpai di sekitar kawasan tersebut. Bisa dikatakan, rafting di Sungai Cianten adalah paket lengkap, sebab Kawula Muda bakal mempelajari dan menemukan banyak hal.

3. Outbound Di Bogor di Sungai Kalibaru

Jika Kawula Muda memilih Sentul sebagai lokasi outing, pertimbangkan Sungai Kalibaru untuk merasakan sensasi rafting yang mendebarkan. Merupakan anak Sungai Ciliwung, sungai ini mempunyai hulu di Bendungan Katulampa dan menghasilkan debit yang dapat dikendalikan. Maka selain bersahabat dengan pemula, Sungai Kalibaru pun dijadikan sumber irigasi oleh masyarakat sekitar.

Kawula Muda yang memilih Sungai Kalibaru buat bertualang bakal menyusuri rute sepanjang 8 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam. Sungai yang melewati sjeumlah bendungan air tak terlalu lebar sekaligus bebas banjir. Wisatawan juga bakal dimanjakan pemandangan indah yang dijamin menenangkan pemikiran.

Kalau butuh paket yang menyediakan rafting Bogor, silakan kunjungi website www.tripadventureindonesia.com buat mendapatkan paket-paket dengan harga terjangkau!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat via Whatsapp