Sejarah Offroad: Mari Mengulik Tentang Awal Munculnya Offroad

Sejarah Offroad

Mendengar istilah offroad pasti sudah cukup familier di beberapa kalangan. Offroad ini biasanya mengacu pada kendaraan yang digunakan saat melintasi medan terjal. Lalu, bagaimana awal mula atau sejarah offroad itu sendiri? Kawula Muda bisa melihat beberapa fakta terkait kendaraan offroad sebelum memulai mencobanya.

1. Stigma yang Berhubungan dengan Militer

Banyak yang mengira bahwa kendaraan offroad Bogor ini berhubungan erat dengan kendaraan militer. Kendaraan ini digunakan di masa modern sehingga banyak yang menyangka bahwa kendaraan ini merupakan kendaraan perang ataupun militer. Kondisi perang yang tak menentu membutuhkan kendaraan offroad untuk bisa melintasi segala macam medan. Perang ini mampu mendorong perkembangan teknologi untuk bisa menyesuaikan dengan berbagai kondisi dan kemajuan dalam perang. Tetapi, hal ini tak sepenuhnya benar. Ini adalah asumsi banyak orang terkait kendaraan offroad.

2. Berawal dari Eropa Timur

Fakta sejarah offroad ini sendiri jauh dari kendaraan perang. Kendaraan offroad ini lahir dan berinovasi dari Eropa Timur. Pada awal pembuatan, seseorang bernama Adolphe Kegresse yang bekerja di Tzar Nicholas II menciptakan truk Kegresse. Truk ini memakai rangkaian plat besi yang bisa diputar dengan poros roda mobil sehingga terlihat gagah. Truk Kegresse ini adalah bentukan awal dari tank atau truk pada kendaraan militer. Tak heran banyak yang menganggap bahwa kendaraan offroad ini berhubungan dengan militer. Pembuatan truk Kegresse ini bertujuan untuk berbagai kepentingan logistik dan juga transportasi di berbagai medan mulai dari yang luna hingga keras. Kendaraan ini bertujuan untuk bisa menyalurkan barang atau digunakan dalam berbagai medan entah medan tanah atau berbatu.

3. Kendaraan dalam Berbagai Medan

Tak hanya itu, sejarah offroad ini juga berkaitan dengan half truck. Truk ini mirip sekali dengan tank yang dikemudikan oleh warga sipil. Truk ini merupakan sebutan sistem belt yang bisa digunakan sebagai pengganti roda. Adanya teknologi tersebut membuat para bangsawan dahulu kala bisa berpergian dengan muda di beberapa wilayah dan pedesaan Eropa Timur yang belum bisa dijangkau melalui jalan raya yang mulus. Mereka bisa mencapai wilayah tersebut dengan kendaraan offroad. Hal ini berguna untuk meminimalkan resiko terjadinya kelaparan saat musim dingin karena kendaraan offroad bisa melalui salju dengan mudah. Kendaraan offroad ini menarik perhatian banyak orang sehingga pabrikan mulai mengembangkan kendaraan ini.

4. Diterapkan di Kendaraan Militer

Suksesnya pembuatan dan pemakaian truk Kegresse membuat banyak orang berlomba-lomba untuk mengaplikasikan teknologi ini ke dalam kendaraan perang. Hal ini membuat kendaraan offroad menjadi terlihat militeristik. Kegresse harus memberikan desain truknya ke perusahaan Citroen yang memproduksi kendaraan militer. Banyaknya perusahaan mobil dan otomotif yang terlibat dalam pembuatan kendaraan perang membuatnya mampu mengembangkan kendaraan offroad dengan kaki-kaki bergigi. Hal ini membuat kendaraan tidak mudah selip. Itulah tadi beberapa sejarah offroad yang bisa diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat via Whatsapp