Sensasi Arung Jeram di Bogor: Hati Gembira Sekaligus Memupuk Kebersamaan

Sensasi Arung Jeram di Bogor

 

Anda menggemari wisata ekstrem, tetapi tak memiliki cukup banyak waktu untuk pergi meninggalkan ibu kota? Apabila hal ini yang terjadi, arung jeram di Cisadane bisa menjadi alternatif. Selain lokasinya yang masih relatif dekat dijangkau dari ibu kota, arung jeram di Cisadane juga memberikan sensasi tersendiri. Bukan saja membikin hati gembira, melainkan juga mampu memupuk kebersamaan.

arung jeram

Seperti diketahui, dibutuhkan keseimbangan dalam menjalan sebuah perahu dalam arung jeram. Apalagi jika arus begitu deras dan jeramnya terbilang ekstrem. Meski menguji nyali, tetapi arung jeram nyatanya menjadikan kesenangan tersendiri bagi pesertanya. Mereka dituntut untuk tetap solid selama pengarungan. Tak boleh mengedepankan ego sendiri, atau memilih perahu akan oleng dan terbawa arus deras sungai.

Bogor pun menjadi lokasi yang primadona untuk melakukan arung jeram alias rafting. Alasannya, jelas lantaran Kota Hujan lokasinya tak begitu jauh dari Ibu Kota. Dengan demikian cocok dijadikan pilihan berlibur akhir pekan atau saat mengambil cuti beberapa hari saja.

Trip Adventure Indonesia pun memiliki banyak pilihan untuk membuat Anda lebih seru dalam berarung jeram. Tak tanggung-tanggung, 7 lokasi arung jeram pun disodorkan, sehingga Anda lebih leluasa memilih olahraga ektrem itu sesuai dengan kemampuan. Ketujuh lokasi tersebut antara lain, Cisadane Caringin Bogor, Citatih/Citarik Sukabumi, Sungai Palayangan Situ Cilencak, Pangalengan Bandung Selatan, Cipunagara Subang, Cimanuk Garut, dan Ciwidey Bandung Selatan.

Cisadane Caringin sangat cocok dipilih bagi para pemula. Untuk menjelajah jalur arung jeram sepanjang 8 kilometer, dibutuhkan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam. Namun, jika Anda sudah terbilang mahir bisa menjajal tempat yang lebih ekstrem, yaitu Citatih dan Citarik di Sukabumi. Dua nama ini sudah tak asing lagi di telinga para penyuka arung jeram. Sungai Citarik sendiri memiliki panjang 44 km dan bermuara di Pelabuhan Ratu. Federasi Arung Jeram Internasional International Rafting Federation (IRF) bahkan menyebut Sungai Citarik telah memenuhi standar arung jeram. Tingkat jeram yang dimiliki pun bervariasi mulai dari Grade I (Easy) – VI (Extreme).

Sementara Sungai Citatih memiliki karakteristik arus yang lumayan deras dan kuat, terutama di musim-musim penghujan seperti bulan Desember. Oleh karena itu, bagi Anda yang tengah mencari referensi liburan memacu adrenalin di akhir tahun, tempat ini sangat direkomendasikan. Tingkat jeram yang dimilikinya pun beragam, mulai dari Grade I – IV, dengan panjang pengarungan mulai dari 9 km, 12 km hingga 40 km.

Lokasi arung jeram lain yang ramah pemula adalah Sungai Palayangan Situ Cilencak di Kawasan Bandung Selatan. Untuk diketahui, Sungai Palayangan sendiri memiliki panjang sungai kurang lebih 5 Km dengan 7 Jeram Grade III dan 11 Jeram Grade II beragam bentuk. Pemandangan sekitar sungai pun sangat indah dengan hijau pepohonan, membuat pengarungan di kawasan ini semakin asyik.

Nah, demikian beberapa lokasi rafting atau arung jeram di sekitar Bogor. Anda ingin ke lokasi yang mana? Bagi Anda pemula, pastinya dafting Cisadane menjadi spot paling direkomendasikan. Namun, jika Anda sudah mahir tentu bisa menjelajah lebih banyak spot. Terlepas dari spot mana yang akan dipilih, Trip Adventure Indonesia akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengarungi jeram-jeram tersebut.

Satu tips, pastikan pula siapkan fisik yang prima agar arung jeram berjalan sempurna dan lebih mengesankan. Selamat berpetualang! (y)

Tag: Sensasi Arung Jeram di Bogor, Arung jeram cisadane, Cisadane, Cisadane Caringin Bogor, Citatih/Citarik Sukabumi, Sungai Palayangan Situ Cilencak, Pangalengan Bandung Selatan, Cipunagara Subang, Cimanuk Garut, Ciwidey Bandung Selatan, trip advanture Indonesia

 

Arung Jeram Bogor : 08121070343

2021-02-01T05:27:21+00:00
Chat via Whatsapp